Pages

Senin, 25 Februari 2013

Kesabaran, Suatu Energi Yang Tersembunyi


         Dalam menjalani hidup ini pastilah setiap orang akan menghadapi masalah. Banyak orang bilang tidak ada manusia yang   menjalani kehidupan ini tanpa punya masalah. Baik masalah yang kecil, besar, yang menyangkut masalah pribadi atau pun umum. Bahkan dalam menjalani hidup ini terkadang ada peristiwa-peristiwa yang melahirkan kemarahan, kebencian, perasaan tersinggung, perasaan yang mudah putus asa dan lain-lain. Akan tetapi semakin kita banyak mendapat masalah maka semakin tegarlah, kuat dan tabah dalam menghadapi berbagai persoalan.
           
                 Jikalau kalian semua mendapat berbagai macam persoalan dalam menjalani hidup ini maka bersabar dan bersabarlah. Karena apa? Karena kesabaran merupakan energi yang tersembunyi bagi terjaganya langkah-langkah kita. Energi, yak energi merupakan kemampuan untuk melakukan kerja (misal energi listrik dan mekanika) atau bisa diartikan  daya (kekuatan) yg dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan. Tanpa energi kita tidak akan mampu melakukan berbagai macam kegiatan. Dalam ilmu biologi energi digunakan sebagai metabolism tubuh. Dengan energi tersebut setiap sel yang ada di tubuh kita dan organ-organ dapat melakukan aktivitasnya. Jadi yang dimaksud kesabaran sebagai energi yaitu bahwa kesabaran merupakan suatu kekuatan yang harus ada dalam diri manusia untuk menumpas segala macam persoalan-persoalan hidup. Dengan kesabaran dan keimanan kita akan dapat menghadapi berbagai macam persoalan hidup. Akan tetapi penyebab keberhasilan kita yang paling utama dalam menhadapi berbagai macam persoalan hanyalah Allah Ilahi Rabbi. Aku percaya akan kebesaran Allah dalam menolong manusia. Dalam Al Quran di sebutkan bahwa Allah SWT akan selalu bersama orang-orang yang sabar, yaitu dalam surat Al-Baqarah (2) Ayat 153:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ إِنَّ اللّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
[Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar